Usaha Sepatu Bermerek Meningkatkan Laba Penjualan

Usaha Sepatu - Bagi sebagian orang membuka usaha sepatu bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Karena untuk membuka usaha sepatu dibutuhkan modal serta kerja keras yang ektra.

Usaha Sepatu Bermerek Meningkatkan Laba Penjualan
Source picture: pixapay.com

Walaupun hanya sebatas usaha kecil, tetapi bisnis tetaplah bisnis. Bisnis dengan sekala kecil juga bisa memiliki resiko kegagalan yang hampir sama besar dengan bisnis yang telah dijalankan selama bertahun tahun.

Selain tatanan rambut dan model pakaian, alas kaki juga menjadi pendukung penampilan yang tidak boleh dilupakan khususnya oleh kaum remaja jaman sekarang. Tidak heran banyak dari mereka - mereka yang hobby mengoleksi model sepatu dan sandal - sandal keren.

kini, model dan warna dimiliki semakin beragam saja, mulai dari biru, merah sampai warna cerah kuning sekalipun. Tren alas kaki berganti - ganti.

Perubahan cepat tren sepatu ini memunculkan banyak pengrajin dan pengusaha sepatu yang mencoba mencari keuntungan di bisnis ini. Keberanian ini bukan hanya dipicu oleh tren, tetapi kepedulian masyarakat terhadap produk lokal yang terus meningkat. Alhasil, makin banyak pelaku usaha sepatu atau sandal yang berani mengangkat merek dagangannya sendiri.

Sebenarnya ada beberapa tahap yang harus diperhatikan dalam memulai usaha penjualan alas kaki ini. Diantaranya:

1. Yang pertama adalah target pasar

Sebelum memulai terjun ke bisnis ini, kamu harus menentukan segmen yang akan dituju. Apakah anak - anak, remaja atau anak muda. Menurut survey anak muda / remaja di kota besar itu konsumtif tapi mereka juga produktif. Inilah segmen yang harus kamu tuju terlebih dahulu.

2. Mengikuti tren

Nah, setelah menentukan target pasar. Langkah selanjutnya adalah mengikuti tren. Dahulu, menggunakan sepatu dengan warna yang cerah menyala memang terlihat ane, bila dipakai di acara - acara seperti acara formal. Seiring dengan perkembangan tren busana yang lebih dinamis saat ini., sepatu dengan beragam warna pun sangan cocok sekali dipakai saat acara resmi.

3. Tahap Produksi

Untuk mengawali bisnis ternyata tidak hanya mengikuti pendidikan formal dibidang busana. Buktinya, ada seorang yang tidak memiliki keahlian mendisain hanya mempunyai hobby menggambar sepatu, ternyata saat direalisasikan menjadi sepatu, malah laku dijual. Proses belajar mendesainpun beriringan dengan berjalannya usaha.

4. Trik Pemasaran

Apabila modal yang kamu miliki masih minim, kamu bisa mengawali bisnis dengan pemasaran melalui media online saja, seperti facebook dan instagram.

Media online saat ini bisa diandalkan untuk melakukan bisnis. Ternyata, media online juga bisa untuk menjangkau pembeli di seluruh indonesia maupun luar negeri.

Disini kamu harus benar - benar memperhatikan kualitas produk. Meskipun dalam kurun waktu 5 tahun merek sepatu kamu sudah dikenal oleh masyarakat, bukan berarti promosi berhenti, promosi harus terus dilakukan untuk meyakinkan masyarakat dan juga pembeli bahwa merek kamu masih eksis dan tetap menjadi produk yang berkualitas.

Alokasi promosi pada bisnis sepatu bisa mencapai 15% perbulannya. Sementara bahan baku alokasinya 30% , gaji karyawan 20%, serta listrik, air dan telepon sebesar 5%. Jadi, apakah kamu tertarik dengan bisnis alas kaki tersebut? bila kamu menjawab "YA" kamu harus persiapkan modal dan tekad yang kuat untuk mengawali bisnis ini.

Related Posts:

Disqus Comments
© 2017 Kampus Blogger - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger